Langsung ke konten utama

Tugas 2 - SIM Akademik Integra sebagai Management Information System



Seperti dilansir dari Wikipedia, Management Information System (MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Hal yang menjadi sebuah pokok pembicaraan dari Management Information System adalah pada bagian “pengendalian internal suatu bisnis/transaksi”. Pengendalian internal ini dapat menyangkut segala macam bentuk proses evaluasi dari segala proses bisnis yang ada, sebagai contoh dalam satu perusahaan bisnis, proses evaluasi dapat diambil dari segi produktifitas karyawannya untuk menentukan proses gaji, maupun dari segi omset dari perusahaan untuk menentukan berapa kenaikan/penurunan yang diperlukan.

Dalam artikel ini, Management Information System yang akan dijelaskan lebih lanjut adalah mengenai SIM (terjemahan dari Management Information System) Akademik, khususnya di civitas ITS. Bagi mahasiswa ITS, siapa yang tidak kenal dengan Integra? Apalagi ketika masuk bagian SIM Akademiknya untuk melihat nilai IPK pada semester yang sedang dijalani maupun ketika berperang dalam proses Formulir Rencana Studi (dikenal dengan istilah KRS/FRS).


Dalam SIM Akademik Integra ini, data dari proses evaluasi yang terjadi semuanya didapatkan dari data aktivitas mahasiswa selama menjalani masa perkuliahan yang kemudian disimpulkan dalam nilai-nilai huruf. Nilai-nilai huruf ini dapat membentuk sebuah angka yang akan digunakan sebagai penentu akses bagi mahasiswa untuk mengambil berapa banyak SKS yang dibutuhkan. Data-data dari SIM Akademik, berupa kelas yang diambil, nilai nilai yang didapat, jadwal kuliahnya, ini juga dapat digunakan bagi dosen-dosen wali untuk menentukan alur perkuliahan yang terbaik dari mahasiswanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APSI - 3 - 1 QUIZ - Analisis Sistem Informasi Shopee

Jawaban Quiz 1 Analisis Perancangan Sistem Informasi 1. Tentukan sebuah perusahaan/organisasi sbg studi kasus 2. Buatlah deskripsi perusahaan tersebut 3. Identifikasi Teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang ada di perusahaan/organisasi tersebut 4. Klasifikasi Sistem Informasi yang ada berdasarkan klasifikasi O Brien 5. Buatlah mapping klasifikasi sistem informasi tersebut ke dalam piramida penggunanya Jawaban 1.  Perusahaan/ Organisasi sebagai studi kasus: Shopee 2.  Deskripsi Perusahaan: Shopee adalah sebuah mobile market place yang berkonsepkan transaksi penjualan dari konsumen ke konsumen. Selain sebagai wadah penjualan bagi pemilik produk ke pembeli produk, anak dari perusahaan Garena ini menawarkan berbagai macam produk serta layanan pengiriman yang aman dan praktis (dengan menanggungkan segala bentuk pengiriman ke pihak Shopee itu sendiri). Perusahaan yang berdiri pada tahun 2015 ini juga menawarkan metode pembayaran yang aman. Saat ini, Sh...

APSI - 4 - Rangkuman System Analysis and Design Chapter 3-5

Dalam pengembangan suatu perangkat lunak, terdapat proses / fasa dimana kita harus menganalisa sistem yang ada untuk memperoleh kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh suatu sistem serta fasa dimana harus mendesain sedemikian rupa sehingga sistem tersebut dapat mudah diimplementasikan dan user-friendly terhadap user yang menggunakannya. Secara umum, fase Software Development Life Cycle memiliki 2 fasa utama yakni fase analisis dan fase desain. Melalui artikel ini, dapat saya jabarkan mengenai Fasa analisis yang diperlukan saat mengembangkan sebuah proyek perangkat lunak yang diambil dari buku System Analysis and Design Chapter 3-5. Chapter 3: Requirements Determination – Analisis Proses dasar fase analisis memiliki tiga langkah: Memahami situasi yang ada  Identifikasi perbaikan Menentukan kebutuhan untuk sistem yang baru – Penentuan Kebutuhan Penentuan kebutuhan dilakukan untuk mengubah penjelasan tingkat tinggi mengenai kebutuhan bisnis yang tercantum dalam permin...

Tugas 1 - Analisis Sistem Informasi pada GoJek

 Analisis Sistem Informasi pada GoJek Pengembangan sebuah perusahaan tidak terlepas dari adanya 4 komponen utama sistem informasi, yakni: Transaction Process System, Management Information System, Decision Support System, dan Executive Information System.   Berikut ini merupakan analisis sistem informasi yang terdapat pada perusahaan GoJek: 1.   Transaction Process System Transaction Process System adalah sistem informasi yang mengatur segala bentuk proses transaksi antara pemilik perusahaan dengan target konsumen. Biasanya, dalam sebuah perusahaan, digunakan customer support atau kasir atau karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tersebut. Pada perusahaan GoJek, Transaction Process terdapat pada aplikasi dari GoJek itu sendiri yang berinteraksi langsung dengan penggunanya dengan beberapa fitur-fitur yang ditawarkan untuk dibuatkan transaksinya. Sementara sistem dari Transaction Process di handle oleh customer service yang berada pada perusahaan ...